Pengertian Repository Linux

Unknown


Pengertian Repository mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna linux. Nah, mungkin bagi anda yang baru mencoba menggunakan OS linux, belum mengerti tentang Pengertian Repository. Pada tulisan saya kali ini saya ingin memberikan penjelasa apa itu repository pada linux.

Repository, adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi (red : Linux) yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini adalah paket-paket khusus untuk sebuah sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapatkan kinerja lebih baik dari sebuah sistem operasi.

Ada juga yang mengatakan

Repository adalah kumpulan paket software ataupun kumpulan aplikasi yang di kumpulkan di satu tempat media dalam hal ini bisa media CD,DVD,HD,Lan ataupun internet ( mungkin ada media lain cuman yang saya tau baru itu )


Fungsi utama dari repository ini adalah installasi software atau aplikasi melalui sebuah media. Contohnya seperti paket-paket (Repository) dari Distro Linux CentOS tidak sama dengan paket-paket yang ada pada Distro Linux Debian. Karena kedua extensi tersebut, tidak kompatibel satu sama lain. Maka dari itu, agar pengguna dapat dengan mudah men-download Repository, dibuatlah Mirror Repository tersebut.


Jadi kesimpulannya adalah bahwa Repository itu merupakan paket-paket yang dikhususkan dan disediakan untuk di instal oleh berbagai macam Distro Linux.


Sekian yang dapat saya jelaskan, jika ada kesalahan mohon dibenarkan.. 
Terimakasih.
Tags

Post a Comment

3Comments
Post a Comment